Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Akibatnya Bila Asal Ganti Pelek Mobil

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 13 April 2017 | 08:54 WIB
Pelek besar ditambah air suspension
Stanly/KompasOtomotif
Pelek besar ditambah air suspension

Jakarta, Otomania.com – Bagian kaki-kaki sering menjadi sasaran untuk modifikasi awal mobil kesayangan. Salah satu ubahan yang kerap dilakukan adalah penggantian pelek ukuran standar menjadi lebih besar.

Ubahan ini ternyata mempengaruhi bagian lain terutama perangkat suspensi atau sokbreker. Pemilik mobil jarang memperhatikan karena ubahan pada pelek memang terhitung mudah dilakukan.

“Kadang hanya tinggal ganti pelek lalu selesai. Masalahnya ubahan ukuran ini membuat kerja sokbreker ikut berlipat ganda tanpa disadari,” ucap Agun dari FCS Absorber, Arteri Kelapa Dua, beberapa waktu lalu.

Menurut Agun, perubahan ukuran lebar dan tinggi pelek membuat jarak kerja suspensi menjadi lebih pendek. Beban dari pelek membuat suspensi rentan rusak yang bisa merambat ke komponen lain seperti ball joint, dan tie rod.

Kerja berat sokbreker dapat merusak sil karet hingga kebocoran. Posisi yang terus menekan juga membuat gerak sokbreker menjadi terbatas sehingga mengurangi kenyamanan.

“Jadi tidak asal pasang ukuran yang lebih besar, tidak semudah itu. Harus lihat ukuran pelek dan suspensinya. Kalau perlu memang ada penyesuaian dengan ukuran pelek yang baru,” ucap Agun.

Penggantian pelek disarankan tidak terlalu ekstrem. Penggunaan harian sebaiknya berpatokan pada ukuran pelek standar dan ukuran pelek ubahan dua tingkat di atasnya.

“Lebih aman. Jangan naik terlalu tinggi. Ini untuk keamanan dan kenyamanan juga saat dipakai harian,” ungkap Agun.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa