Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Perpanjang Umur "Air Suspension" Mobil

Setyo Adi Nugroho - Senin, 17 April 2017 | 09:05 WIB
Perangkat Air Suspension untuk mobil
accuair.com
Perangkat Air Suspension untuk mobil

Jakarta, Otomania.comSuspensi udara atau air suspension kerap menjadi alasan kenyamanan mobil-mobil mewah. Kelebihan suspensi jenis ini memang mampu meredam gerak bodi mobil lebih halus ketimbang sokbreker standar yang menggunakan per atau gas.

Sayangnya, untuk perawatan suspensi udara ternyata lebih sulit. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat suspensi ini.

“Perawatan suspensi udara lebih riskan. Paling sering tidak boleh hajar lubang di jalan atau polisi tidur. Juga jangan sering cuci mobil dengan keempat kaki menggantung,” ucap Agun dari FCS Absorber, Arteri Kelapa Dua Permata Hijau saat ditemui beberapa waktu lalu.

Alasannya, saat menghajar lubang atau polisi tidur karet suspensi akan mengalami kejutan dan ditakutkan mudah robek. Untuk cuci mobil, beban dari pelek dan ban dalam posisi menggantung bisa membuat balon karet berisi udara dalam posisi ditarik.

“Kalau mau cuci mobil hidrolik pastikan alat yang digunakan membuat keempat roda menapak. Kebanyakan pemilik mobil dengan suspensi udara jarang memperhatikan ini,” ucap Agun.

Suspensi udara kebanyakan digunakan merek Eropa seperti Mercedes-Benz dan BMW. Untuk harga, satu buah suspensi jenis ini dibanderol Rp 10 juta sampai Rp 12 juta.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa