Musim Pancaroba, Perhatikan Parkir Mobil

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 4 April 2017 | 08:05 WIB
Tampak parkiran kendaraan di RPTRA/RTH Kalijodo, Selasa (28/2/2017).
KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA
Tampak parkiran kendaraan di RPTRA/RTH Kalijodo, Selasa (28/2/2017).

Jakarta, Otomania.com – Bagi pemilik mobil yang kerap cuek dengan tempat parkir mobil ada baiknya mulai memikirkan hal ini. Pasalnya, lokasi parkir mobil menentukan umur beberapa perangkat di dalamnya.

“Cuaca seperti panas lalu hujan belakangan ini membuat beberapa komponen mobil terpengaruh. Tidak dalam waktu singkat memang tapi berpengaruh pada umur pakai perangkat tersebut,” ucap Agit Prasetya, Mekanik Nissan Datsun beberapa waktu lalu.

Salah satu yang terpengaruh ada pada komponen dengan bahan karet seperti ban dan wiper. Jika dibiarkan diam terlalu lama akan membuat kualitas karet berkurang.

Untuk ban, guna mencegah kerusakan cepat akibat banyak berdiam di luar ruang adalah menjaga tekanan udara. Usahakan tekanan pada ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

“Ini untuk menjaga kondisi ban dari kemungkinan pecah atau retak bila kurang tekanan udara. Bila tekanan udara selalu sesuai dengan rekomendasi, bentuk ban akan terus terjaga,” ucap Agit.

Bagian wiper di kaca depan dan belakang, pencegahan bisa dengan menaikkan wiper agar tidak bersentuhan dengan permukaan kaca. Terik matahari membuat permukaan kaca panas dan karet menjadi cepat getas.

“Solusinya adalah jangan parkir terlalu lama di luar ruang. Usahakan tempat teduh dan terlindung. Pemilik juga bisa memanfaatkan cover atau selimut khusus mobil sebagai upaya pencegahan pengaruh cuaca terhadap komponen mobil tersebut,” ucap Agit.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X