Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ingat Lagi Pentingnya "Kick Starter" pada Skutik

Stanly Ravel - Sabtu, 1 April 2017 | 18:02 WIB
Ilustrasi kick starter skutik
tvsscooty.com
Ilustrasi kick starter skutik

Jakarta, Otomania.com - Salah satu alasan orang menyukai sepeda motor skutik adalah kemudahan dalam mengendarainya. Sayangnya, banyak yang kebablasan, sampai ada yang tidak pernah memanfaatkan fungsi kick starter atau engkol saat menghidupkan mesin.

Meski lebih mudah dengan starter elektrik, tapi ada keuntungan tersendiri menggunakan kick starter. Menurut Slamet Pamuji, punggawa bengkel Selta Motor di Condet, Jakarta Timur, menggunakan engkol saat menghidupkan motor sangat penting, terutama di pagi hari.

"Bicara soal keuntungan cukup banyak, pertama menghemat aki, kedua bisa menjaga sirkulasi oli di dalam mesin, dan yang terakhir agar pegas dan tuas engkol tidak cepat berkarat," ujar Slamet kepada Otomania, Sabtu (1/4/2017).

Menurut Slamet, keuntungan utama menggunakan starter kaki adalah untuk menjaga sirkulasi oli. Karena saat mesin dingin, oli akan mengendap di bawah mesin, situasi ini membuat komponen di atas kurang terlumasi, seperti bagian piston dan setang seher.

Ilustrasi kick starter pada skutik
Otomania/Setyo Adi
Ilustrasi kick starter pada skutik

Untuk skutik yang interval pemakaiannya cukup jarang, kondisi ini bisa berbahaya. Dengan kurangnya pelumas bisa membuat dinding silinder mudah lecet atau baret akibat gesekkan.

"Biasanya wanita yang jarang pakai engkol, karena malas harus standar dua. Tapi sebenarnya hal ini wajib dilakukan, minimal dua kali seminggu. Secara tidak langsung juga bikin aki lebih awet, karena penggunaan listrik terbesar itu untuk stater di pagi hari," ucap Slamet.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa