Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sulit buat Mobil yang Ingin Pasang Fitur Anti-embun

Aditya Maulana - Rabu, 22 Maret 2017 | 09:05 WIB
Fungsi garis cokelat pada kaca belakang
Stanly/Otomania
Fungsi garis cokelat pada kaca belakang

Jakarta, Otomania.com - Mobil keluaran terbaru pada umumnya sudah dilengkapi dengan defogger. Fitur anti-embun itu menempel di bagian kaca belakang mobil, secara fungsi mengusir embun sehingga tidak mengganggu pandangan pengemudi ke arah belakang.

Namun, ada juga mobil yang belum dipasangkan fitur seperti itu. Biasanya untuk mengurangi biaya produksi dan menekan harga jual. Toyota misalnya, baru menanamkan fitur itu di model Veloz ke atas, sedangkan Agya dan Avanza tipe lain belum.

Mobil tanpa defogger, kata General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurahman bisa dipasang. Namun, biayanya pasti lebih mahal, karena tidak bisa pasang anti-embunnya saja, melainkan satu set dengan kaca.

"Saya tidak tahu ada atau tidak yang menjual defogger-nya saja. Kalau mau pakai part resmi, harus ganti kaca belakang, wiring assy, tombol, hingga ECU main body," ujar Iwan kepada Otomania.com, Selasa (21/3/2017).

Meski tidak menyebutkan berapa harga, namun dipastikan Iwan pemilik mobil harus sudah menghitungnya. Misal, biaya pemasangannya sesuai tidak dengan funsgi atau yang dibutuhkan.

"Jadi harus dihitung-hitung dulu, masing-masing model jelas berbeda-beda harganya," kata Iwan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa