Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tangkal Embun di Kaca Mobil dengan Silica Gel

Stanly Ravel - Selasa, 16 Februari 2016 | 09:25 WIB

Jakarta, Otomania - Salah satu masalah klasik yang kerap terjadi pada mobil saat musim hujan adalah embun di kaca. Hal ini bisa terjadi pada kaca depan dan bagian lainnya di mobil.

Datangnya embun diakibatkan tingginya kelembapan udara yang muncul baik dari suhu di dalam atau di lingkungan sekitarnya. Efeknya tentu bisa menggangu visibilitas saat berkendara, tapi untuk menghindarinya ada cara mudah yang bisa dicoba semua pemilik mobil, yakni dengan menempatkan silica gel pada dasbor.

"Silica gel bisa mencegah terbentuknya kelembapan yang berlebihan sebelum terjadi, fungsinya menyerap lembap tanpa merubah kondisi zatnya. Penerapanya juga aman diletakan dimana saja di dalam mobil, tapi khusus untuk kaca tinggal letakan saja di dasbor dekat kaca depan dan belakang," ucap Workshop Manager PRO-Q Heru Wibowo kepada Otomania, Senin (15/2/2016).

Menurutnya, banyak orang yang kurang paham mengenai silica gel, padahal hal ini cukup bermanfaat. Bahkan untuk silica gelnya sendiri mudah untuk didapatkan, karena saat membeli barang, seperti sepatu, makanan, pakaian, dan lainnya biasa terdapat silica gel yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah pengembunan di dalam mobil.

Bukan hanya bisa mencegah embun pada kaca mobil, silica gel juga bisa dimanfaatkan untuk menghindari terjadinya embun di mika lampu mobil. Caranya dengan mamasukan kantung silica ke dalam mika, tapi prosesnya cukup memakan waktu karena harus membuka komponen lampu.

Bukan hanya itu, silica gel juga bisa diletakan di bagasi belakang, hal ini berguna untuk menjaga tingkat kelembapan di dalam ruangan. Terutama untuk mobil yang memiliki ban cadangan di bagasi yang berguna agar menjaga material karet ban dari lembab.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa