Begini Cara Usir Embun di Mika Lampu Mobil

Stanly Ravel - Minggu, 27 Desember 2015 | 14:08 WIB

Jakarta, Otomania - Embun yang melekat pada mika lampu mampu mengurangi pencahayaan dari mobil dan ini berbahaya. Saat terlihat kondisi headlamp mobil sudah mengalami hal tersebut, pemilik wajib mengambil tindakan untuk membersihkannya.

Setelah mengetahui bagaimana embun bisa hadir di dalam mika lampu, giliran langkah untuk menghilangkan agar tidak mengangu pancaran sinar lampu di perjalanan. Munurt Ilan dari toko resparasi lampu dan spion Berlian Motor di Pasar Otomotif Duren Sawit, cara mudah yang bisa dilakukan pemilik mobil adalah dengan membongkarnya sendiri.

"Tidak perlu keahlian khusus, hanya sekadar membuka beberapa baut dan mika lampu sein saja. Bila sudah paham paling tidak hanya membutuhkan waktu satu jam," ujarnya kepada Otomania, Rabu (23/12/2015).

Hal pertama yang dilakukan adalah dengam membuka kap mesin untuk mobil yang memiliki moncong depan. Setelah itu dilanjutkan dengan membuka baut pegangan headlamp, selesai dilepaskan cek kondisi lubang udara pada batok lampu, bila tersumbat langsung dibersihkan.

Untuk membersihkan embun dan air yang sudah mengendap bisa dilakukan dengan hanya membuka lampu sein, biasanya dipegang satu baut atau model tempel yang harus dibuka dengan cara memutar searah jarum jam.

"Setelah sein dibuka tinggal nyalakan mobil beserta sistem pencahayaanya. Biarkan terbuka hingga embun pada mika lampu utama menguap dan keluar dari lampu sein selama beberapa menit. Bila kurang maksimal bisa dibantu dengan hair dryer untuk mengeringkan bagian yang sulit terjangkau," ucapnya.

Menurutnya, meski bisa dibersihkan tapi biasanya gejala ini akan timbul lagi dalam beberapa waktu ke depan, apalagi untuk mobil yang sudah berumur dan aktif digunakan saat  musim hujan. Hal ini terjadi karena sudah ada komponen yang tak lagi merekat dengan kuat.



Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Agung Kurniawan

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa