Cara Benar Gunakan Fitur Anti-embun pada Mobil

Aditya Maulana - Rabu, 22 Maret 2017 | 08:05 WIB
Defogger belakang
Stanly/Otomania
Defogger belakang

Jakarta, Otomania.com - Anda sering melihat garis tipis yang membentang horizontal di bagian kaca belakang mobil, dan tahu fungsinya? Itu merupakan fitur bernama defogger untuk menghilangkan embun pada bagian kaca tersebut.

Defogger juga merupakan salah satu fitur keselamatan. Sebab, pandangan pengemudi menjadi tidak terganggu, karena embun hilang ketika mengaktifkannya.

Mobil-mobil keluaran terbaru umumnya sudah punya fitur seperti itu. Lantas bagaimana cara menggunakannya? General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurahman menjelaskan, cukup menekan tombol di dasbor sampai embun hilang.

"Tombonya itu biasanya ada gambar garis dan bertuliskan rear, jadi aktifkan sampai embunnya hilang," kata Iwan kepada Otomania.com, Selasa (21/3/2017).

Mobil keluaran terbaru, lanjut Iwan rata-rata defogger aktif selama 15 menit. Jadi, pengemudi atau penumpang tidak perlu menekan tombol lagi untuk mematikannya.

"Embun itu menguap karena panas yang dihasilkan defogger. Kalau belum otomatis, matikan lagi ketika embunnya sudah tidak ada," kata Iwan.

Defogger yang dibiarkan terus menyala, kata Iwan bisa memicu kaca retak. Sebab, terjadi perubahan suhu, karena garis-garis pada kaca itu menghantarkan panas.


Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa