Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Usir Embun di Lampu Utama Mobil

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 10 Maret 2017 | 09:05 WIB
Mika lampu berembun
Stanly/Otomania
Mika lampu berembun

Jakarta, Otomania.com – Musim hujan yang saat ini masih berlangsung membuat beberapa bagian pada mobil kesayangan membutuhkan perhatian untuk perawatan. Salah satunya adalah lampu utama atau headlamp.

Ketika udara lembab atau setelah menembus hujan, lampu utama kerap terdapat embun di bagian dalam atau pada bagian mika. Embun yang terperangkap ini dapat menyebabkan kerusakan apabila tidak segera dihilangkan serta mempengaruhi intensitas cahaya lampu saat dibutuhkan.

Menurut Udin Syamsudin, dari bengkel Bintang Mas Motor, MGK Kemayoran, ada cara mudah yang dapat dilakukan pemilik dirumah untuk menghilangkan embun ini.

“Sekedar embun halus saja cukup mudah untuk menghilangkannya. Modalnya hanya obeng untuk membuka baut,” ucap Udin saat ditemui beberapa waktu lalu.

Pemilik dapat memulai dengan membuka kap mesin dan membuka tutup lampu yang terdapat di bagian depan. Terdapat baut yang menutup cover lampu ini yang bisa dibuka.

Setelah tutup terbuka langkah selanjutnya adalah dengan menyalakan lampu utama selama beberapa saat. Embun akan hilang dari mika lampu utama dengan sendirinya tanpa perlu membongkar lampu.

“Cukup lima sampai 10 menit. Nanti embun akan hilang sendiri. Setelah kering jangan lupa tutup belakang lampu ditutup kembali yang rapat,” ucap Udin.

Untuk penanganan embun yang basah atau cenderung parah, lampu utama harus diservis dengan cara dibongkar. Biasanya salah satu bagian lampu sudah tidak kedap karena usia dan harus dilakukan penggantian suku cadang.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa