Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pabrikan Motor Harus Kreatif Jaga Pasar

Febri Ardani Saragih - Selasa, 21 Maret 2017 | 19:05 WIB
AHM mulai produksi massal CBR250RR di pabrik Karawang, untuk pasar global, Kamis (3/11/2016).
Ghulam N/KompasOtomotif
AHM mulai produksi massal CBR250RR di pabrik Karawang, untuk pasar global, Kamis (3/11/2016).

Jakarta, Otomania.com – Indonesia adalah pasar sepeda motor terbesar ketiga di dunia setelah China dan India. Rekor penjualan dalam negeri pernah mencapai delapan juta unit per tahun tapi sekarang pertumbuhannya malah menurun.

Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) sebagai perkumpulan produsen motor besar di Nusantara berharap industri roda dua bisa pulih. Di bawah kepemimpinan Ketua Umum baru, Johannes Loman, AISI ingin menciptakan iklim sehat buat industri yang melibatkan setidaknya 10 juta orang se-Nusantara itu.

“Sebagai AISI saya akan membuat anggota-anggota ini bisa tumbuh berkelanjutan. Sebab itu, karena industri ini penting maka bagaimana kami mengharapkan kreativitas tinggi dari anggota, meluncurkan produk dan layanan sehingga tetap menyediakan lapangan pekerjaan di Indonesia,” papar Loman di Jakarta, Jumat (17/3/2017).

Saat ini AISI beranggotakan lima pabrikan, yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan TVS. Kemampuan total produksi dari para anggotanya mencapai sembilan juta unit per tahun. Selain didorong lebih giat di dalam negeri, Loman juga mengatakan anggota AISI diharapkan terus menambah ekspor.

Loman mengatakan prediksi AISI pada tahun ini penjualan motor bakal serupa seperti tahun lalu, sebesar 5,9 juta unit. Perkiraan itu datang dari pandangan kondisi terkini perekonomian.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa