Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Posisi Spion Motor yang Benar

Febri Ardani Saragih - Kamis, 9 Maret 2017 | 15:05 WIB
Kaca spion jadi faktor penting redam blind spot saat berekndara.
Stanly/Otomania
Kaca spion jadi faktor penting redam blind spot saat berekndara.

Jakarta, Otomania.com – Spion di sepeda motor gunanya memperluas pandangan ke arah belakang dan samping. Komponen ini penting sebab mengurangi blind spot biker saat berkendara, selain itu juga penggunaannya diatur dalam peraturan resmi di Indonesia.

Buat memaksimalkan fungsi spion, biker bisa mengatur sudutnya pantulannya. Michael Gerald Gozal, Safety Riding Analyst Astra Motor menjelaskan, menyeting spion termasuk kegiatan pengecekan sebelum menyalakan mesin.

Blind spot pada sepeda motor
archive.kaskus
Blind spot pada sepeda motor
Posisi kaca spion yang benar, jelas Michael, memperlihatkan sudut 45 derajat. Tips buat mengaturnya, posisikan pantulan hingga ujung motor, bagian pegangan tangan boncenger, hanya terlihat sepertiga dari lebar kaca spion.

“Spion itu bukan berarti melihat ke belakang semua, harus ada sedikit saja bodi motor yang terlihat untuk acuan. Kalau badan, bikin yang kelihatan bahu,” kata Michael, Rabu (8/3/2017).

Jadi spion ada gunanya, jangan sepelekan diganti ukuran lebih kecil dari standar pabrikan. Satu lagi, spion bukan untuk mengaca waktu berkendara.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa