Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sepele tapi Guna, Tengok Belakang Sebelum Berkendara

Febri Ardani Saragih - Kamis, 9 Maret 2017 | 08:45 WIB
Safety riding AHM di Batam
Stanly/Otomania
Safety riding AHM di Batam

Jakarta, Otomania.com – Disiplin soal keselamatan berkendara dimulai dari hal kecil. Ada satu yang sering dianggap sepele jadi jarang sekali dilakukan saat mau berkendara sepeda motor, yaitu menengok ke belakang, kanan dan kiri.

Sikap itu diajarkan Honda secara global. Bahkan, termasuk syarat utama dalam kompetisi antar instruktur Honda di seluruh dunia, Safety Japan Instructors Competition yang digelar di Jepang.

Michael Gerald Gozal, Safety Riding Analyst Astra Motor, menjelaskan, kebiasaan itu tujuannya untuk memantau kondisi di sekitar, agar mudah memosisikan motor kita ketika kembali ke jalan. Kelihatannya sepele, namun sangat berguna menghindari serempetan kendaraan lain yang ternyata dekat atau mengganggu pengguna lalu lintas.

“Itu tujuannya pengecekan keamanan. Jadi setelah mengecek kondisi motor, duduk lalu menyalakan mesin, biasakan tengkok ke belakang kanan dan kiri. Di belakang itu kan blind spot kita,” kata Michael, Rabu (8/3/2017).

Memantau kondisi belakang sebelum berkendara lewat spion dikatakan masih kurang. Alasannya, spion juga punya blind spot jadi masih ada kemungkinan risiko kejadian. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa