Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lagi Viral, Cara Salah Wanita Pegang Setang Motor

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 8 Maret 2017 | 07:25 WIB
Cara menggenggam kemudi yang salah
Facebook Moko Al Juasof
Cara menggenggam kemudi yang salah

Jakarta, Otomania.com – Salah satu fungsi sosial media saat ini adalah mengungkapkan keluh kesah atau pendapat. Seperti salah satu pengguna Facebook yang mengungkapkan ketakutannya melihat pengendara motor, terutama wanita, yang berkendara dengan menggenggam tuas kemudi terbalik.

"WARNING!! Pokok nya kalau lu liat cewe ngendarain motor dengan posisi tangan seperti di gambar (sumber kaskus) mending lu jauhin / jaga jarak aman minimal 100 meter terlebih kalau udah kombinasi nya dia pakai jaket / sweater posisi nylampir dari depan & cuma nutupin lengan - lu ga usah pikir panjang langsung menjauh 200 meter.." ucap pengguna Facebook tersebut dalam postingannya.

Menurut Muhammad Yunus, praktisi keselamatan berkendara, fenomena ini terjadi karena ketidakpahaman terutama mengenai keselamatan berkendara yang baik dan benar.

“Memang banyak ditemui pengendara wanita riding gripnya sembarangan. Termasuk pakai jaket atau sweeter dibalik. Maksudnya agar mudah, santai dan bergaya,” ucap Yunus saat dihubungi Senin (7/3/2017).

Cara menggenggam kemudi yang salah
Facebook Moko Al Juasof
Cara menggenggam kemudi yang salah

Posisi tangan terbalik seperti yang ditunjukkan lebih pada kekhawatiran kulit tangan terkena panas matahari. Padahal untuk menangani hal seperti itu bisa menggunakan sarung tangan.

Di sisi lain, posisi menggenggam terbalik membuat pengendalian terhadap sepeda motor berkurang. Terutama saat terjadi kondisi dimana membutuhkan reaksi cepat.

“Akibatnya fatal, bisa kecelakaan atau tergelincir. Ini karena posisinya tidak memiliki kekuatan mengontrol kendaraan dengan baik,” ucap Yunus.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa