Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beli Moge Tunai di Diler, Cicilan ke Bank

Febri Ardani Saragih - Selasa, 7 Maret 2017 | 14:47 WIB
Deretan moge Yamaha di Gaikindo Indonesia INternational Auto Show 2015.
KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Deretan moge Yamaha di Gaikindo Indonesia INternational Auto Show 2015.

Jakarta, Otomania.com – Angsuran biasanya jadi cara paling banyak dipakai buat memiliki kendaraan. Namun dalam kasus moge yang harganya setara mobil, ada sedikit metode yang berbeda.

Menurut pengakuan Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dan diler model CBU Yamaha, Mekar Motor, pembeli moge kebanyakan membayar tunai. Komposisi tunai, berlaku untuk keduanya, mewakili sekitar 60 persen dari seluruh pembelian.

Baca: Moge Kawasaki Banyak Dibeli Tunai

Meski begitu, dikatakan kedua pihak, ada indikasi pembeli tunai sebenarnya membayar pakai dana pinjaman bank. Jadi, diler hanya merekam pembelian tunai padahal sebagian konsumen tunai ternyata menyicil ke bank.

“Saya dengar di pasaran beli tunai ini sedikit semu. Mereka ada yang pakai KTA (Kredit Tanpa Agunan) karena dirasa lebih ringan dibanding cicilan leasing,” kata Michael Chandra Tanadhi, Deputy Head Sales & Promotion Division KMI di Jakarta, Jumat (3/3/2017).

Moge-moge Kawasaki di GIIIAS 2015 dipangkas harganya jutaan rupiah.
KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Moge-moge Kawasaki di GIIIAS 2015 dipangkas harganya jutaan rupiah.
Ditanya pada Selasa (7/3/20017), Michael menjelaskan indikasi itu disampaikan pihak diler Kawasaki. Cara membeli demikian tidak bermasalah buat KMI, sebab konsumen yang bertanggung jawab atas asal-usul uang transaksi.

Kevin, Kepala Cabang Mekar Motor di Jakarta, mengakui pernah mendapat konsumen seperti itu. Ceritanya, konsumen sudah datang ke diler lalu bilang “nanti saya bayar cash”.

“Ada konsumen yang begitu. Buat kami tidak ada masalah kalau konsumen punya fasilitas seperti itu. Jualan moge kan beda sama reguler yang cari kuantitas. Pokoknya kalau ada konsumen saya melayani, kalo enggak kredit ya tidak apa-apa juga,” ucap Kevin, Selasa (7/3/20017). 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa