Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setelah Banjir, Jangan Lupa Cek Rantai Motor

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 22 Februari 2017 | 10:05 WIB
Rantai berkarat
Stanly/Otomania
Rantai berkarat

Jakarta, Otomania.com – Kondisi hujan belakangan ini membuat pengendara harus ekstra memperhatikan kondisi motor tunggangannya. Salah satunya karena kondisi jalan yang banyak tergenang air mempengaruhi rantai pada sepeda motor jenis sport dan bebek.

“Motor sport yang kurang diperhatikan saat hujan adalah bagian rantai. Padahal kerjanya cukup penting dengan kondisi terkena air hujan, menerabas genangan air bahkan terendam banjir,” ucap Sriyono, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), saat dihubungi, Selasa (21/2/2017).

Kondisi rantai setelah hujan dapat membawa kotoran dan debu yang membuat rantai tidak bekerja maksimal. Selain itu grease atau pelumas di antara sambungan rantai berkurang karena terkena air.

Padahal pelumas ini membuat rantai bekerja lebih lentur dan mampu menahan suhu panas mesin. Saat pelumas ini hilang rantai menjadi lebih kaku dan kemudian mengeluarkan suara berisik.

Guna menanggulangi masalah pada rantai ini, pemilik motor sport tidak lupa untuk membersihkan rantai dari kotoran dengan menyemprotkan air bersih. Setelah kering, berikan pelumas khusus rantai.

“Kalau dibiarkan setelah kena air hujan atau terendam air bisa karatan. Bawa juga ke bengkel terdekat untuk mengencangkan rantai yang kendur. Ini dapat memperpanjang umur pakai rantai nantinya,” ucap Sriyono.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa