Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Angkat Kaki dari "Footstep" Waktu Lewat Banjir

Febri Ardani Saragih - Selasa, 21 Februari 2017 | 15:05 WIB
Salah satu ruas Jalan Raya di depan Desa Sumput, Kecamatan Driyorejo, Gresik, yang tergenang banjir, Senin (10/10/2016).
Kontributor Gresik, Hamzah Arfah
Salah satu ruas Jalan Raya di depan Desa Sumput, Kecamatan Driyorejo, Gresik, yang tergenang banjir, Senin (10/10/2016).

Jakarta, Otomania.com – Ada satu kebiasaan yang sering dilakukan biker saat melewati genangan air tinggi atau banjir, yaitu mengangkat kaki cukup lama. Menurut penjelasan keselamatan berkendara, hal itu tidak baik dilakukan karena berarti posisi berkendara tidak dalam sikap sempurna.

Seharusnya, kedua kaki berada di footstep atau dek buat skutik. Fungsi sikap sempurna menjaga keseimbangan, sekaligus menjadi sikap dasar untuk antisipasi berbagai keadaan.

Saat melewati banjir, ada risiko terjadinya aquaplaning atau kondisi ban terangkat dari permukaan jalan karena terlapisi air. Salah satu cara agar biker tidak terjatuh yakni menjaga keseimbangan pakai kaki ketika berada di footstep.

“Biasnya biker takut sepatu basah, makanya angkat kaki. Itu malah enggak boleh nanti keseimbangan berubah. Lagipula kan lebih cepat kaki turun ke aspal kalau ada di footstep,” terang Michael Gerald, Safety Riding Analyst diler Astra Motor, Selasa (21/2/2017).

Wajib pakai sepatu

Sepatu yang menutupi kaki adalah perlengkapan standar saat berkendara. Fungsinya melindungi kaki dari benturan keras. Hindari menggunakan sandal saat saat berkendara ketika hujan. Masih lebih baik sepatu basah daripada celaka.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa