Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ketahui Posisi Saringan Udara Sebelum Lewati Banjir

Febri Ardani Saragih - Selasa, 21 Februari 2017 | 12:16 WIB
Banjir luapan air Kali Lamong yang menggenangi jalan raya di depan Desa Morowudi, Jumat (3/2/2017).
Hamzah
Banjir luapan air Kali Lamong yang menggenangi jalan raya di depan Desa Morowudi, Jumat (3/2/2017).

Jakarta, Otomania.com – Berkendara melewati banjir tidak disarankan, namun dalam beberapa kondisi perlu dilakukan. Jika Anda terpaksa melakukannya, satu hal yang perlu diwaspadai yakni posisi saluran hisap udara mesin.

Saluran hisap pada sepeda motor ditandai dengan lokasi saringan udara. Saluran itulah yang paling berpotensi jalur masuk air ke mesin.

Situasi paling parah kalau air masuk yaitu kerusakan internal mesin karena pukulan air atau water hammer. Kerusakan ini sulit diperbaiki dan butuh biaya mahal.

Biasanya pada motor bebek dan sport, saringan udara di bagian depan mesin menghadap ke depan. Sedangkan pada skutik, saringan udara umumnya dekat CVT menghadap samping.

“Ukuran lobang knalpot standar dari pabrik rata-rata sama dengan lobang udara, jadi jangan sampai melewati banjir yang melebihi knalpot,” jelas Michael Gerald, Safety Riding Analyst diler Astra Motor, Selasa (21/2/2017).

Saat melewati genangan air, besar kemungkinan ban terangkat dari permukaan dan bisa bikin biker kehilangan kendali.  Michael mengingatkan kecepatan ideal melewati banjir menyesuaikan traksi ban dengan permukaan jalan. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa