Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Skutik Habis Terabas Banjir, Lakukan Ini

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 21 Februari 2017 | 14:35 WIB
Banjir luapan air Kali Lamong yang menggenangi jalan raya di depan Desa Morowudi, Jumat (3/2/2017).
Hamzah
Banjir luapan air Kali Lamong yang menggenangi jalan raya di depan Desa Morowudi, Jumat (3/2/2017).

Jakarta, Otomania.com – Musim hujan kembali melanda dan masalah banjir kembali menjadi masalah yang dihadapi pengemudi sepeda motor. Khusus untuk pengguna skutik, bagian yang harus diperhatikan adalah rumah CVT.

Bila ketinggian air merendam bagian CVT, skutik biasanya mulai rewel tidak mau jalan padahal mesin hidup. Bisa jadi ini karena komponen di dalam CVT terendam air yang masuk lewat lubang sirkulasi. Akibatnya V-belt selip dan motor tidak bergerak.

“Air bisa masuk lewat CVT dan mengganggu kerja komponen di dalammnya, biasanya selip. Tandanya motor tidak bisa jalan meski tuas gas diputar. CVT memang harus bersih dari air dan kotoran,” ucap Sriyono, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), saat dihubungi, Selasa (21/2/2017).

Pengendara skutik bisa melakukan langkah awal untuk menanggulangi masalah air di CVT ini setelah berhasil melewati banjir. Saat ini produsen sepeda motor menyediakan lubang pembuangan air pada bagian CVT.

Ilustrasi selang hawa pada CVT skutik
Otomania/Setyo Adi
Ilustrasi selang hawa pada CVT skutik

Letaknya berada di bagian bawah rumah CVT dan dilindungi selang plastik. Setelah melewati banjir, baiknya pengendara skutik tidak langsung melanjutkan perjalanan, pinggirkan motor, standar samping dan copot selang dibagian bawah CVT ini.

Jika terdapat air di CVT, dari lubang ini akan keluar air, tunggu hingga tidak ada lagi air tersisa. Setelah itu untuk mengeringkan bagian dalam CVT, nyalakan mesin dan putar tuas gas secara perlahan. Tanda komponen sudah bekerja terutama V-Belt, roda belakang akan ikut berputar.

Setelah itu pengemudi bisa melanjutkan perjalanan. Jangan lupa pergi ke bengkel untuk memeriksa kemungkinan ada kerusakan lainnya dan untuk menghindari motor bermasalah di jalan setelah menerabas banjir.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa