Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kerak Mesin Menumpuk Performa Jadi Buruk

Aris F Harvenda - Senin, 20 Februari 2017 | 19:08 WIB
Kondisi kepala silinder rusak
fsae.com
Kondisi kepala silinder rusak

Jakarta, Otomania.com - Salah satu penyebab mobil turun mesin paling populer adalah akibat menumpuknya kerak. Biasanya penumpukan kerak sering diidentifikasi berada di ruang bakar.

Efek yang sering muncul akibat penumpukan kerak di ruang bakar adalah performa mesin menurun, konsumsi BBM jadi boros dan sering ngelitik (knocking). Bisa juga ditandai dengan munculnya asap putih dari knalpot.

"Asap muncul disebabkan ruang bakar mengalami kebocoran sehingga oli terbakar dan masuk saluran buang," kata punggawa Bengkel AP Speed Imam Choiri kepada Otomania.com.

Kerak pada piston
Aris Harvenda/Otomania
Kerak pada piston

Penyebab

Ada beberapa sebab terjadinya penumpukan kerak di ruang bakar. Biasanya terjadi akibat sisa pembakaran yang kurang sempurna. Penyebabnya adalah penggunaan bahan bakar yang kurang sesuai atau kualitas yang buruk.

Debu dan oli atau uap oli juga punya peran dalam penimbunan kerak yang datang dari hasil isapan intake. Kedua komponen itu masuk lantas mengendap dan membuat ruang bakar kotor.

Selain itu banyaknya unsur parafin dan sulfur yang ikut masuk ruang bakar juga menjadi penyebab terjadinya penumpukan kerak.

Kondisi klep yang dipenuhi timbunan kerak
aa1car.com
Kondisi klep yang dipenuhi timbunan kerak

Pencegahan

Gunakan bensin yang berkualitas dan oktan yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Jika kompresi mesin di atas 10 : 1 maka sebaiknya gunakan BBM dengan oktan 92 atau lebih. Untuk mengetahui penggunaan bensin yang tepat biasanya di lubang pengisian BBM terdapat catatan anjuran jenis bensin yang sesuai.

Untuk meminimalisasi masuknya debu ke ruang bakar, sebaiknya lakukan pengecekan dan servis saringan udara secara berkala. Jika sudah tidak bisa dibersihkan alangkah baiknya mengganti dengan yang baru.

Begitu pula dengan saringan oli. Lakukan penggantian setiap 2 kali ganti oli.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa