Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Salah Kaprah soal Oli pada Motor yang Jarang Dipakai

Stanly Ravel - Senin, 20 Februari 2017 | 17:05 WIB
Ilustrasi ganti oli
Otomania/Setyo Adi
Ilustrasi ganti oli

Jakarta, Otomania.com — Oli pada mesin sepeda motor memiliki fungsi penting yang tidak bisa diremehkan. Kurangnya oli bisa membuat kerja mesin menjadi berat akibat banyaknya gesekan yang terjadi. Oleh karena itu, masa pergantian oli sangat penting untuk diperhatikan.

Lantas bagaimana dengan motor yang jarang digunakan, apakah tetap perlu diganti secara teratur?

Menjawab hal ini, Rangga Noviar, Analyst Techical Service Honda Sales Operation Jakarta Center, menjelaskan, baik motor yang dipakai maupun jarang digunakan tidak berpengaruh pada rutinitas mengganti pelumas.

"Tetap saja harus ganti, dalam buku manual biasanya sudah tertulis jarak pergantian oli atau waktu mengganti oli, tinggal mana lebih dulu yang tercapai saja," ujar Rangga saat dihubungi Otomania, Senin (6/2/2017).

Mengganti oli bisa dilakukan sendiri.
tqn
Mengganti oli bisa dilakukan sendiri.

Meski motor hanya dipanasi tanpa digunakan, lanjut Rangga, tetap harus dilakukan ritual pergantian oli. Hal yang wajib diketahui, setiap oli memiliki tingkat kualitas yang berbeda. Saat sudah masuk ke dalam mesin, oli baru akan tercampur dengan bekas pelumas sebelumnya yang sudah rusak.

"Bila sudah tercampur, otomatis oli baru lambat laun juga akan rusak. Pemilik kendaraan juga wajib mengerti bahwa saat pelumas sudah keluar dari tempatnya memiliki risiko kedaluwarsa yang bikin kualitasnya menurun," papar Rangga.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa