Paket Lengkap Tingkatkan Tenaga CBR250RR

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 16 Februari 2017 | 09:05 WIB
CBR500R yang sedang di tes dyno di Sportisi Motorsport.
Ghulam/KompasOtomotif
CBR500R yang sedang di tes dyno di Sportisi Motorsport.

Jakarta, Otomania.com – Honda CBR250RR jadi produk motor sport yang paling "panas" belakangan ini. Ini dibuktikan oleh catatan penjualan motor 250 cc ini yang pada Januari 2017 sudah menyentuh angka 1.408 unit, mengungguli rivalnya Ninja 250 dan R25.

Nah, salah satu keinginan pemilik CBR250RR setelah mendapatkan motor idamannya dalam genggaman adalah berusaha meningkatkan tenaga. Menurut Koko Adiyaksa, workshop manager dari bengkel Sportisi Motorsport Rawamangun, ada cara yang bisa dilakukan pemilik motor jika menginginkan CBR250RR lebih perkasa.

“Paling mudah ganti knalpot. Lalu dibarengi dengan setting suplai bahan bakar atau fuel mapping. Ini dilakukan dengan dyno tes agar hasil lebih akurat,” ucap Koko saat ditemui beberapa waktu lalu.

Knalpot R9
Stanly/Otomania
Knalpot R9

Koko mengungkapkan, selain penggantian knalpot ada baiknya pemilik menambah piggyback untuk memudahkan pengaturan suplai bahan bakar. Banyaknya bahan bakar yang tepat di tiap putaran gas mampu meningkatkan tenaga mesin.

“Makanya pakai dyno tes. Disitu kita bisa membuat penyesuaian bensin di semua rentang putaran mesin dan bukaan gas. Jadi tidak hanya putaran nol sampai red line, tapi juga bukaan gas,” ucap Koko.

Pemilik CBR250RR cukup menyiapkan dana 5,8 juta untuk mendapatkan piggyback dengan merek PowerCommander serta setting di dyno tes. Untuk knalpot aftermarket, dana yang perlu disiapkan berkisar Rp 3 juta sampai Rp 4 jutaan.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X