Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cegah Air Masuk ke Tangki Ninja Dua Tak

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 14 Februari 2017 | 08:35 WIB
Ubahan pada bibir tangki Ninja. Cegah air masuk ke dalam tangki
Otomania/Setyo Adi
Ubahan pada bibir tangki Ninja. Cegah air masuk ke dalam tangki

Jakarta, Otomania.com – Musim hujan belakangan ini membuat pemilik sepeda motor wajib memperhatikan lebih detil mengenai kondisi sepeda motornya. Tidak terkecuali pada motor Kawasaki Ninja dua tak yang saat ini masih cukup banyak digunakan.

Salah satu masalah yang kerap menimpa adalah masuknya air ke dalam tangki di musim hujan. Akibatnya, tangki sering keropos terkena karat.

Menurut Barutoyo Hastono, pemilik bengkel Pitstop TKZ yang khusus menangani Ninja dua tak, masalah ini terjadi karena desain bawaan tangki.

“Pada bibir tangki ada karet yang tujuan awalnya untuk menjaga bensin tidak meluber ke luar. Di balik karet tersebut ada saluran pembuangan agar bensin yang kelebihan bisa langsung dibuang ke bawah,” ucap Barutoyo saat ditemui beberapa waktu lalu.

Karet ini akan membuat air yang jatuh justru semakin cepat ke arah lubang tangki. Selain itu karet ternyata menutup lubang pembuangan dan menyebabkan kotoran menumpuk serta menyumbat lubang tersebut.

Kawasaki Ninja RR
www.kompas.com
Kawasaki Ninja RR

Untuk mengatasi masalah ini ternyata cukup mudah. Caranya dengan memotong sebagian karet tersebut agar air tidak mudah masuk ke dalam tangki.

“Jangan diambil semua karetnya karena nanti malah membuat air lebih cepat masuk. Potong beberapa bagian agar air diarahkan ke lubang pembuangan,” ucap Barutoyo.

Biaya yang dikenakan untuk modifikasi kecil ini cukup murah jika dibanding pemilik harus memperbaiki tangki yang keropos nantinya. Dan ternyata, masalah ini juga berpotensi terjadi pada produk Ninja keluaran terbaru.

"Makanya kalau ada Ninja R atau RR keluaran terbaru, tangkinya cepat keropos karena tidak diperhatikan. Biasanya disarankan untuk melakukan sedikit ubahan pada karet tangki ini," ucap Barutoyo.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa