Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kebiasaan Buruk Pemilik Kendaraan kalau Musim Hujan

Aditya Maulana - Selasa, 14 Februari 2017 | 07:36 WIB
ilustrasi cuci mobil
youtube.com
ilustrasi cuci mobil

Jakarta, Otomania.com - Akhir-akhir ini, cuaca di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sering diguyur hujan. Intensitasnya pun relatif tinggi, sehingga membuat kendaraan, baik roda dua atau empat menjadi mudah kotor.

Apalagi, jika jalan yang dilalui setiap hari didomonasi tanah. Otomatis, mobil atau sepeda motor kotor dan kalau sudah seperti itu, jangan malas untuk mencuci.

Menurut penjelasan Iwan Abdurahman, Repair Service Manager Workshop Departement Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM), jika malas dampak ke depan bisa merusak cat alias warnanya menjadi cepat pudar.

"Jadi sebaiknya kalau tidak kotor, bisa dicuci pakai air biasa di rumah, tetapi kalau kotor dicuci juga sampai bersih," kata Iwan kepada Otomania.com melalui pesan singkat, Senin (13/2/2017).

Lumpur atau aspal, lanjut Iwan yang menempel di bodi mobil juga bisa merusak cat. Tetapi, jangka waktunya dalam beberapa tahun ke depan, namun tidak ada salahnya untuk mencegah agar warna tidak cepat pudar.

"Bukan hanya cat, knalpot, kaki-kaki juga bisa rentan berkarat. Sebab, kita tidak pernah tahu kandungan yang ada di lumpur atau aspal itu seberapa besar," ujar Iwan.

Nah, buat Anda khususnya pengguna mobil harus rajin mencuci mobil setelah kena hujan. Tujuannya, biar cat mobil tetap bagus, dan knalpot serta kaki-kaki tidak mudah berkarat.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa