Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Polisi Siapkan Aplikasi Info Lalu Lintas

Aditya Maulana - Kamis, 2 Februari 2017 | 10:52 WIB
Aplikasi Pintas yang akan diluncurkan pertengahan bulan ini.
istimewa
Aplikasi Pintas yang akan diluncurkan pertengahan bulan ini.

Jakarta, Otomania - Korps Polisi Lalu Lintas (Korlantas) Polri sedang menyiapkan satu program bernama Police Inteligent Traffic Analysis System atau disingkat Pintas. Tujuannya, memberikan informasi dan solusi kepada masyarakat mengenai kondisi lalu lintas di Indonesia.

Kombes Pol Chrysnanda Dwi Laksana, Kabid Bin Gakkum Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri menjelaskan, program itu tertuang dalam satu aplikasi, yaitu "Pintas Mobile". Nanti, bisa digunakan masyarakat dan petugas untuk melaporkan dan mendapatkan info lalu lintas.

"Perkembangan dunia digital begitu cepat, kita juga harus beralih ke arah itu. Oleh sebab itu, kita akan hadirkan aplikasi yang mempermudah masyarakat mendapatkan informasi seputar lalu lintas," ujar Chrysnanda saat berbincang dengan Otomania melalui sambungan telepon, Rabu (1/2/2017).

Aplikasi itu, lanjut Chrysnanda punya banyak fitur. Seperti, info blank spot, trouble spot, kontak call center lantas, info layanan lantas, rute terbaik, jarak terdekat, kepadatan lantas, hingga rekayasa lantas.

"Bahkan masyarakat pun bisa memberikan informasi kepada petugas. Sehingga bisa segera ditindak lanjuti dengan cepat, misalnya terjadi kecelakaan atau kemacetan di daerah tertentu," kata dia.

Menurut Chrysnanda, pada 15 Februari 2017 akan diadakan soft launching, uji coba dilakukan pada 25 April 2017, dan grand launching diadakan 25 Mei tahun ini.

"Sekarang sedang kita kembangkan, kita ingin ke depan kondisi dan budaya tertib berlalu lintas di Indonesia jauh lebih baik, sebab itu merupakan cermin suatu negara berkembang," ucap Chrysnanda.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa