Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Injak Gas Sebelum Matikan Mesin Cuma buat Mobil "Jadul"

Febri Ardani Saragih - Selasa, 31 Januari 2017 | 13:05 WIB
Interior dasbor full original
Stanly/Otomania
Interior dasbor full original

Jakarta, Otomania – Apa sih sebenarnya fungsi injak gas sebelum mematikan mesin? Kebiasaan itu berguna buat mobil berteknologi “jadul”, nah buat model tahun muda yang pengoperasiannya didominasi elektronik cara begitu tidak lagi diperlukan.

Pada mobil lama, ada beberapa alasan kenapa pedal gas harus ditekan sebelum mematikan mesin. Menurut Arifani Perbowo, Logistic and Production General Manager Kia Mobil Indonesia (KMI), salah satunya agar oli mesin tetap berada di posisi atas. Fungsinya biar gampang ketika ingin menyalakan mesin lagi.

Bukan hanya itu, membuka gas sebelum mesin mati juga membantu mengumpulkan bahan bakar sebagai persiapan menyalakan mesin. Begitu pula dengan kelistrikan, diharapkan aki dalam kondisi siap.

Nah, masalahnya pada mobil modern semua sudah diatur elektronik. Pompa oli, pompa bahan bakar, dan aki sudah aktif saat kunci kontak ada di posisi on.

“Oli sekarang juga kebanyakan sintetis kalau dulu kan nabati jadi cepat kering atau turun. Di mobil modern sudah tidak perlu lagi di gas gas sebelum mesin mati,” kata Arifani, Selasa (31/1/2017). 

Intinya, kenali dulu spesifikasi mobil Anda sebelum mengoperasikan. Injak gas sebelum mematikan mesin merupakan kebiasaan yang seharusnya punah di mobil-mobil modern. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa