Pilih Pelindung Radiator Motor Sport yang Tepat

Setyo Adi Nugroho - Senin, 30 Januari 2017 | 13:05 WIB
Cover radiator pada motor sport
Otomania/Setyo Adi
Cover radiator pada motor sport

Jakarta, Otomania – Radiator pada sepeda motor sport menjadi salah satu perangkat penting untuk motor bekerja. Fungsinya untuk menjaga panas mesin tidak berlebihan dengan memindahkan panas melalui medium cairan radiator.

Salah satu bagian radiator adalah kisi-kisi yang biasanya terletak di bagian bawah depan motor sport. Akibat letaknya ini, kisi-kisi radiator rentan rusak terkena kerikil di jalan.

“Oleh karena itu pemilik banyak yang memasang pelindung kisi-kisi radiator. Saat ini banyak pilihan modelnya di pasaran,” ucap Martin Lay, dari Layz Motor Arteri Kelapa Dua saat ditemui beberapa waktu lalu.

Menurut Martin, yang perlu diperhatikan dari pemasangan pelindung kisi-kisi radiator ini adalah usahakan banyak memiliki lubang aliran udara. Di beberapa model cover radiator, ada yang menawarkan dengan minim lubang udara.

“Ini berbahaya. Memang nantinya akan meminimalisir kerikil tapi pasokan udara ke radiator jadi minim. Akibatnya malah radiator tidak dapat mendinginkan mesin sampai kerusakan komponen radiator,” ucap Martin.

Tambahan aksesori pelindung kisi-kisi radiator ini dapat ditemukan di pasaran dengan berbagai merek dan bahan. Untuk kualitas lokal dibanderol Rp 200.000. Merek impor dibanderol Rp 850.000.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa