Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rawat Pelek "Aftermarket" Motor

Setyo Adi Nugroho - Senin, 30 Januari 2017 | 10:05 WIB
Penggantian ban motor sport dengan ukuran lebar harus diikuti dengan pelek dan lengan ayun.
KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Penggantian ban motor sport dengan ukuran lebar harus diikuti dengan pelek dan lengan ayun.

Jakarta, Otomania – Salah satu bagian pada sepeda motor yang memerlukan perawatan adalah pelek. Posisinya yang terletak di bagian bawah rentan dengan kotoran dari jalanan yang dilalui.

“Pelek rentan terkena pasir, debu juga kadang lumut. Terlebih bagi biker yang sudah mengganti dengan pelek aftermarket dengan harga cukup mahal, perawatan pelek perlu dilakukan,” ucap Martin Lay dari Layz Motor Arteri Kelapa Dua ketika ditemui beberapa waktu lalu.

Perawatan bisa dilakukan dari pemeliharaan tampilan. Menurut Martin, pelek dengan warna-warna khusus yang biasanya terdapat di pelek aftermarket, perlu diperhatikan cara pencucian.

Untuk membersihkan pelek dapat menggunakan sabun khusus untuk motor. Perhatian lebih terutama pada saat pengeringan.

“Usahakan jangan sampai ada sisa air karena bisa menimbulkan bercak, atau berbekas. Nantinya ini akan membuat tampilan pelek menjadi kurang enak dipandang, dan bercak susah dihilangkan. Biasanya di warna CNC aluminium rentan dengan kondisi ini,” ucap Martin.

Saat pembilasan juga perlu diperhatikan, pastikan tidak ada kerikil yang menempel. Gunakan lap yang hanya digunakan untuk satu bagian saja sehingga tidak menimbulkan efek yang tidak terduga akibat penggunaan satu lap untuk beragam bagian motor.

"Untuk motor yang sesekali digunakan, seperti motor sport simpanan, perawatan peleknya cukup dibersihkan dengan air bersih. Setelah itu keringkan," ujar Martin.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa