Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kebiasaan Buruk yang Bikin Kaca Helm Rusak

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 20 Januari 2017 | 10:05 WIB
Helm Zeus dengan model futuristik, mirip GIVI seri tertentu.
Donny Apriliananda
Helm Zeus dengan model futuristik, mirip GIVI seri tertentu.

Jakarta, Otomania – Bagi pengendara motor, penggunaan helm yang nyaman sangat diperlukan ketika berkendara. Selain dari desain helm, kenyamanan juga didapat dari visor atau kaca helm yang digunakan.

Sayangnya kondisi visor pada helm kerap tidak diperhatikan. Kaca seringkali kotor, buram, tergores dan membuat jarak pandang berkurang saat digunakan. Tentu ini berbahaya bagi pengendara motor sendiri.

Menurut Dani Sena, dari Toko Helm Ku, Pangeran Jayakarta, visor helm kebanyakan rusak selain umur penggunaan juga karena salah pemakaian. Pengendara motor kerap membersihkan dengan alat yang salah.

“Paling banyak ditemui adalah kesalahan saat membersihkan dengan menggunakan lap. Biasanya pengendara motor menyediakan satu lap untuk semua keperluan di motor, ini baiknya tidak digunakan untuk membersikan helm,” ucap Dani saat ditemui Kamis (19/1/2017).

Lap yang digunakan biasanya untuk membersihkan bekas tumpahan bensin di tangki atau membersihkan bagian lain. Ini yang kerap tidak disadari pemilik.

Visor kena cairan kimia pasti bisa rusak. Lap bekas bensin dipakai untuk membersihkan hasilnya kaca helm rusak,” ucap Dani.

Dani menyarankan, untuk membersihkan bagian visor helm bisa dilakukan dengan mencopot visor dari helm, lalu bilas dengan air. Gunakan sabun cair, lap dengan kain lembut lalu keringkan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa