Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Musim Hujan, Jangan Malas Bersihkan Rantai Motor

Aditya Maulana - Selasa, 10 Januari 2017 | 17:45 WIB

Jakarta, Otomania - Rantai menjadi salah satu komponen penting pada sepeda motor. Oleh sebab itu, jangan pernah menganggap enteng soal perawatan, apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini.

Bukan hanya motor bebek, tetapi model sport pun tetap harus ekstra perhatian. Sebab, musim hujan akan lebih banyak kotoran yang menempel pada rantai, contohnya pasir atau debu di jalanan.

Menurut Johanson Pakpahan, pemilik bengkel Setia Motorsport, sebaiknya pembersihan rantai dilakukan setiap satu bulan sekali. Lain halnya jika musim kemarau, bisa sampai dua bulan baru boleh dibersihkan.

"Kalau musim hujan seperti ini kan menjadi cepat kotor, jadi agar awet dan tidak cepat kendur, harus sering dibersihkan," kata pria yang akrab disapa Lae saat ditemui Otomania di Jalan Raya Pulogebang, No.83 Jakarta Timur, Selasa (10/1/2017).

Lay melanjutkan, cara membersihkannya juga jangan sembarangan. Pertama gunakan cairan khusus seperti WD-40, setelah itu disikat bisa menggunakan sikat gigi atau kuas. Selanjutnya gunakan chain lube untuk membantu proses pembersihan.

"Kalau langsung pakai chain lube tidak ada gunanya, sebab kotorannya pasti sudah banyak. Kalau musim hujan harus lebih sering, kalau kemarau sering ddigunakan chain lube saja, minimal dua hari sekali," kata dia.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa