Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Akurat Deteksi Tenaga Aki

Stanly Ravel - Kamis, 5 Januari 2017 | 13:45 WIB

Jakarta, Otomania - Aki menjadi salah satu komponen penting bagi sepeda motor. Namun keberadaannya sering kali disepelekan tanpa ada perawatan dan perhatian khusus.

Ketika starter sudah bermasalah, pengguna motor baru mulai mengecek kondisi aki. Nah, untuk mempermudah pengecekan kondisi aki, saat ini ada alat canggih berupa multimeter yang bisa mendeteksi daya tanpa perlu melepas aki dari sarangnya.

"Penggunaanya simple, cukup tempel kabel positif-negatif ke panel yang sama di aki, lalu alat ini akan mendeteksi kondisi aki," ujar Slamet dari bengkel Selta Motor di Jakarta Timur kepada Otomania, Senin (2/1/2017).

Setelah kabel positif-negatif ditempel, maka secara otomatis multimeter akan bekerja untuk mengukur voltase aki. Hasilnya, bisa langsung dilihat melalui kertas print layaknya mesin electronic data capture (EDC) ketika anda melakukan pembayaran dengan debet ATM.


"Alat ini juga berguna untuk memastikan apakah aki yang bermasalah atau sektor lain. Biasanya aki yang bagus muatannya antara 13,0-13,2 volt, kalau dicek masih diangka tersebut, berarti yang salah bukan aki tapi komponen lain," ucap Slamet.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa