Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Mobil Kembali Nyaman Usai Liburan

Stanly Ravel - Selasa, 3 Januari 2017 | 12:05 WIB

Jakarta, Otomania - Selesai berlibur, ada baiknya kendaraan tidak langsung digeber untuk langsung melakukan aktifitas. Beberapa komponen wajib kembali mendapat perhatian, terutama masalah cairan dan beberapa perangkat yang sifatnya fast moving.

Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, menjelaskan, setelah menggunakan mobil berjalan jauh ada kemungkinan beberapa komponen mengalami keausan.

"Liburan memang tidak seramai saat mudik, tapi saat mobil digunakan jalan jauh situasinya tetap beda dengan penggunaan sehari-hari. Mulai dari jarak tempuh, medan, bobot angkut kendaraan, dan intensitas lalu lintas," ucap Anjar saat dihubungi Otomania, Rabu (28/12/2017).

Menurut dia, akibat adanya perbedaan situasi tersebut juga bisa berimbas pada komponen kendaraan, terutama bagi mobil yang sebelumnya melakukan perjalanan tidak melakukan perawatan. Hal utama yang harus diperhatikan adalah kondisi kaki-kaki, mulai dari ban, suspensi, sampai sistem pengereman.


Setelah itu, pemilik juga wajib melakukan pengecekan cairan di kendaraan. Cairan yang dimaksud meliputi oli mesin, minyak rem, water coolant, bahkan sampai oli transmisi.

"Fungsi melakukan pengecekan untuk memastikan kondisi mobil tetap prima saat digunakan kembali. Paling sering dilupakan itu minyak rem serta kampas, selain itu sudut roda, karena kebanyakan orang lebih memperhatikan kondisi ban dan menghiraukan perubahan pada sudut roda," kata Anjar.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa