Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biaya Pengurusan Surat Kendaraan Naik, Bagaimana Layanannya?

Setyo Adi Nugroho - Senin, 2 Januari 2017 | 10:05 WIB

Jakarta, Otomania – Peraturan Pemerintah (PP) No 60 tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Jenis dan Tarif yang berlaku di wilayah kerja Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan mulai diberlakukan pada 6 Januari mendatang.

Pada PP baru ini, besaran biaya pengurusan surat kendaraan meningkat dua sampai tiga kali lipat, termasuk untuk pengurusan STNK, BPKB dan surat kendaraan lainnya.

Keputusan peningkatan biaya ini disambut beragam oleh masyarakat pengguna kendaraan bermotor. Ada yang menanggapi positif keputusan ini namun tidak sedikit juga yang mengungkapkan keberatannya atas kenaikan biaya ini.

“Semoga saja dengan ditingkatkannya biaya ini akan berbanding dengan peningkatan layanan kepada masyarakat. Pemerintah sepertinya sedang menggenjot penerimaan, kompensasi ke masyarakat apakah sudah memadai,” ucap salah satu anggota komunitas sepeda motor yang dihubungi Otomania beberapa waktu lalu, namun minta identitasnya tidak disebutkan ini.

Menanggapi beragam komentar masyarakat ini, pihak kepolisian terus berupaya meningkatkan layanan dan bentuk layanan pengurusan surat kendaraan kepada masyarakat. Menurut AKBP Iwan Saktiadi, Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, peningkatan pelayanan sudah terasa dengan mengolaborasikan perkembangan teknologi informasi.

“Peningkatan pelayanan khususnya di Polda Metro Jaya, kita gunakan sistem online untuk kepengurusan surat-surat. Terbaru adalah pengurusan SIM yang bisa melalui internet. Jadi peningkatan pelayanan selalu kami kedepankan bahkan bentuk layananya beragam untuk memudahkan masyarakat,” ucap Iwan ketika dihubungi beberapa waktu lalu.

Selain itu untuk sosialisasi kepada masyarakat mengenai tarif baru ini, pihak kepolisan selaku pengemban tugas untuk mengumpulkan PNBP telah bekerja sama dengan pihak terkait di industri otomotif. Pihak kepolisian juga memasang pengumuman berupa baliho dan banner mengenai tarif baru ini.

“Kami sudah memberitahukan pada ATPM, bank pendukung, bank inti, juga leasing mengenai hal ini. Harapannya akan diteruskan pada masyarakat,” ungkap Iwa

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa