Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Solusi Atasi Knalpot Berkarat

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 23 Desember 2016 | 10:05 WIB

Jakarta, Otomania – Karat menjadi masalah yang kerap datang di sepeda motor, salah satunya di bagian knalpot. Pada musim hujan, dengan perubahan suhu yang cepat, potensi karat hadir di knalpot lebih tinggi, terutama di sepeda motor yang jarang dirawat oleh pemilik.

“Karat biasanya terjadi di leher knalpot. Namun bisa saja menyebar bila tidak dilakukan perawatan,” ucap Agus dari Dairy Motor Pondok Bambu beberapa waktu lalu.

Perawatan sederhana adalah dengan mencuci kendaraan setelah digunakan terutama saat hujan. Lumpur dan kotoran yang menempel di bagian knalpot bila tidak segera dibersihkan akan membuat karat dan korosi.

Bila knalpot sudah terlanjur terkena karat, ada cara untuk membersihkannya. Alat yang diperlukan cukup sabun dan sikat yang terbuat dari kawat.

“Bisa dilakukan sambil mencuci motor. Bilas knalpot dengan air, oleskan sabun lalu gosok dengan sikat kawat. Perlahan karat akan rontok,” ucap Agus.

Sabun yang dipilih bisa menggunakan sabun colek atau sabun cuci motor. Membersihkan knalpot cukup mudah karena tidak perlu di lepas dari mesin.

Selain itu untuk mencegah karat di bagian bawah knalpot bisa menggunakan cara lama. Teteskan sedikit oli di knalpot melalui lubang belakang knalpot untuk mencegah timbulnya korosi. Bagian bawah knalpot rentan karat karena dekat dengan aspal.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa