Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Polisi Sudah Tindak 5.293 Pelanggar Ganjil-Genap

Stanly Ravel - Senin, 19 Desember 2016 | 11:34 WIB

Jakarta, Otomania - Program ganjil-genap sebagai pengganti dari three in one dinilai sudah berjalan maksimal. Sejak Agustus 2016 lalu, tercatat sudah ada 5.293 penindakan yang dilakukan pihak kepolisiaan.

AKBP Budiyanto Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, menjelaskan, dampak dari penerapan ganjil-genap sudah memenuhi beberapa indikator yang dapat mencerminkan permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan secara menyeluruh.

"Sampai 16 Desember telah berhasil dilakukan penindakan sebanyak 5.293 pelanggar. Aspek ini sebagai salah satu indikator yang menggambarkan kepatuhan masyarakat pengguna jalan dalam merespon kebijakan GAGE (ganjil-genap) tersebut," tulis Budiyanto dalam pesan singkatnya, Minggu (18/12/2016).

Indikator yang dimaksud terdiri dari beberapa poin, yakni travel time (waktu tempuh), volume kendaraan, hight way, alih moda kendaraan pribadi ke TransJakarta, dan penegakan hukum. Dari beberapa indikator tersebut diklaim terjadi perubahan situasi yang mengarah pada keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar lantas).

"Dari hasil pengkajian dan penelitian, hasilnya cukup bagus dimana travel time mengalami peningkatan, volume kendaraan terjadi penurunan, hight way dan alih moda terjadi peningkatan, dan hasil penegakan hukum mengalami angka yang fluktiatif," kata Budiyanto.

ERP

Dari hasil pemantauan perkembanan terakhir, secara kasat mada pada bulan ketiga kepadatan mulai nampak pada saat pemberlakukan ganjil-genap. Ditlantas merekomendasikan ke Dinas Perhubungan untuk mengkaji kembali secara komprenhensif, dan sekaligus mendorong akselerasi dari realisasi ERP (electronic road pricing).


Untuk mempercepat realisasi, pihak Dishubtrans Prov DKI, telah beberapa kali melaksanakan FGD (focus group discusion) dengan menyertakan seluruh stakes holder, pengamat transportasi, Ormas, dan media.

"Hasil intinya mendorong ERP segera dapat dilaksanakan. Perkembangan terakhir yang dapat dipantau bahwa proses lelang perangkat ERP sudah berjalan," tulis Budiyanto lagi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa