Kebiasaan Buruk Bikin AC Mobil Cepat Rusak

Stanly Ravel - Kamis, 1 Desember 2016 | 10:05 WIB

Jakarta, Otomania - Selain karena kurang perawatan, kerusakan air conditioner (AC) juga disebabkan oleh kebiasan buruk dari pengguna mobil. Tanpa disadari, ada beberapa perlakuan yang membuat komponen AC akhirnya mengalamai kerusakan, sehingga fungsinya tidak berjalan maksimal.

Workshop Manager PRO-Q, Heru Wibowo, menjelaskan, bahwa kebiasaan buruk umumnya disebabkan karena faktor ketidakpahaman pengguna mobil dalam merawat AC.

"Kebiasaan buruk biasanya dilakukan dalam dua hal, saat menyalakan AC sampai ketika AC sudah menyala. Salah satu yang paling sering adalah menghidupkan AC saat mobil sudah berjalan di putaran mesin (RPM) tinggi," ucap Workshop Manager PRO-Q Heru Wibowo saat dihubungi Otomania, Minggu (27/11/2016).

Menurut Heru, menyalakan AC pada saat pedal gas sudah diinjak dan putaran mesin (RPM) naik, bisa membuat komponen pulley mengalami gesekan keras. Pulley sendiri merupakan komponen yang berputar selama mesin mobil dihidupkan. Saat RPM tinggi, otomatis putaran pulley akan ikut tinggi. Ini memungkinkan terjadinya gesekan antara pulley dan pressure plate.

Gesekan berulang kali pada kedua komponen tersebut bisa membuat keausan. Bila keduanya sudah rusak maka, tenaga ke kompresor akan berkurang yang membuat tekanan refrigerant tidak maksimal. Untuk itu sangat disarankan menghidupkan AC saat mesin berada di putaran rendah.

Kebiasan kedua yang sering dilakukan pemilik kendaraan adalah membuka jendela saat AC menyala. Menurut Heru, perilaku ini bila dilakukan keseringan menyebabkan kerja kompresor semakin berat.

"Dengan membuka jendela akan terjadi perbedaan suhu. Bila suhu diluar lebih panas dari di dalam akan membuat kompresor bekerja ekstra untuk menjaga suhu tetap ideal di dalam kabin. Bila sering dilakukan bisa meyebabkan kompresor mudah rusak," kata Heru.

Hai Sobi, kamu udah punya kendaraan belum?

Kamu tim yang mana?

Kamu pingin nambah kendaraan baru apa?

Kalo beli kendaraan, utamain beli yang mana dulu?

Kamu lebih milih yang mana?

Kalo ada kesempatan buat ikut test drive/ test ride, mau cobain jenis apa?


Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa