Perhatikan Sirkulasi Udara AC Mobil

Aris F Harvenda - Minggu, 2 Oktober 2016 | 20:51 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Penyejuk kabin (air conditioner : AC) menjadi senjata ampuh untuk meredam suhu panas terutama di siang hari. Tapi tahukah Anda, AC mobil bisa punya efek buruk pada kesehatan, bahkan bisa menggangu saluran pernafasan dalam jangka panjang?

”Bukannya promosi agar tukang AC laku terus. Tapi memang sudah banyak yang membuktikan, kalau udara yang disirkulasi AC bersih, orang yang di dalam (mobil) akan tetap nyaman,” kata Awang, owner bengkel khusus AC mobil di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, (23/9/2016).

Maksud Awang, pemilik mobil diharapkan rutin membersihkan saluran AC, minimal enam bulan sekali dan maksimal 1 tahun sekali. Kotoran yang menempel pada penyaring udara AC terjaga bersih, dan gangguan-gangguan kecil untuk kinerja pendingin kabin diharapkan tetap prima.

”AC juga cenderung bikin kulit kering dan dehidrasi, karena udaranya memang kering, tidak ada kelembabannya. Itulah juga, penting buat pengguna untuk rutin membuka sirkulasi udara kabin,” pesan Awang.

Ritme sirkulasi udara kabin untuk memasukkan udara dari luar ternyata sangat penting. Itulah kenapa, pada mobil-mobil canggih, sistem ini mengatur secara otomatis buka-tutup lubang sirkulasi udara pada kabin. Tombol sirkulasi udara ini ditandai dengan anak panah yang melingkar di dalam kabin.

”Sesekali pencet tombol sirkulasi, kalau bisa tiap jam. Diamkan selama beberapa menit lalu tutup kembali. Oksigen di dalam kabin bakal tetap dijaga agar tidak cepat mengantuk,” ucap Awang.

Hai Sobi, kamu udah punya kendaraan belum?

Kamu tim yang mana?

Kamu pingin nambah kendaraan baru apa?

Kalo beli kendaraan, utamain beli yang mana dulu?

Kamu lebih milih yang mana?

Kalo ada kesempatan buat ikut test drive/ test ride, mau cobain jenis apa?


Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa