Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beli Motor Trail Seken, Perhatikan Ini

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 29 November 2016 | 08:45 WIB

Jakarta, Otomania – Sepeda motor jenis off-road atau motocross atau trail saat ini jadi model motor yang biasa digunakan untuk harian. Motor jenis ini memiliki kelebihan mampu melewati beragam kondisi jalan aspal yang ada di kota-kota besar.

Bagi penggemar motor trail, salah satu cara untuk mendapatkan sepeda motor ini adalah dengan mencari di pasar sepeda motor bekas. Namun, sebelum memutuskan transaksi, ada baiknya calon konsumen memperhatikan beberapa hal terlebih dulu.

“Pastikan model dan mesin yang ingin digunakan. Kalau harian biasanya 150 cc dan 250 cc jadi pilihan. Lalu pastikan ketersediaan dana, sesuaikan dengan dana yang ada,” ucap Bobby Susanto, pemilik Arena Motor, Ciledug, saat dihubungi Otomania beberapa waktu lalu.

Menurut Bobby, bagian lain yang perlu diperhatikan adalah mesin dan kaki-kaki. Motor trail kerap digunakan dalam kondisi ekstrem menerabas lintasan.

“Mesin dan bagian kaki-kaki itu paling rentan karena penggunaannya yang bisa jadi berlebihan. Selain itu komponen fast moving diperhatikan kondisinya karena bisa jadi harus segera diganti,” ucap Bobby.

Pengecekan mesin bisa menggunakan cara mendengarkan bunyi mesin. Apakah terdengar suara berisik dari dalam komponen bagian dalam. Jika tidak artinya kondisi mesin masih cukup baik.

Untuk pengecekan suspensi kaki-kaki, coba menaiki motor dan gunakan bermanuver belok atau menikung. Jika terasa membuang berarti komponen ini butuh penggantian.

“Saran terakhir, jangan memutuskan untuk membeli motor bekas balap. Meski komponen yang dipasangkan terbilang berkualitas namun untuk penggunaan harian ini akan merepotkan. Peninjauan lebih banyak suku cadang juga perlu dilakukan agar tidak merugikan dikemudian hari. Tapi kalau sudah siap keluar banyak uang silahkan saja,” ucap Bobby.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa