Sebab Kebocoran pada Mika Lampu Utama

Stanly Ravel - Sabtu, 26 November 2016 | 09:42 WIB

Jakarta, Otomania - Setelah membahas mengenai dua penyebab yang bikin mika lampu berembun, giliran mengecek asal kebocorannya. Hal ini berguna, agar pemilik mobil bisa mengetahui dari mana air atau udara yang masuk ke dalam headlamp.

Baca: Bedakan Mika Lampu Berembun Alami dan Bocor

Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan ada beberapa titik kebocoran yang umumnya terjadi tapi tidak disadari pemilik mobil.

"Biasanya bocor itu disebabkan beberapa hal, salah satu yang paling sering akibat perekat atau sealant antara kaca mika dan lampu yang sudah getas," ucap Anjar saat dihubungi Otomania, Rabu (23/11/2016).

Menurut Anjar, mengecek kondisi sealant yang getas memang sedikit sulit. Pemilik harus membuka kap mesin, bahkan baiknya di cek secara keseluruhan sambungannya.

Selain akibat sealant yang sudah getas, kondisi lain yang bikin udara dan air bersarang di dalam mika adalah akibat mika yang memang sudah rusak. Contohnya, seperti goresan akibat benturan.

Meski secara kasat mata tidak terlihat adanya celah, namun seiring dengan penggunaannya maka membuat udara bisa masuk ke dalam ruang mika.

"Goresan halus kalau dilihat memang tidak ada celah, tapi posisi lampu yang ada di depan dan selalu berhadapan langsung dengan udara atau air sangat berpotensi membuat mika kemasukan udara berlebih atau air," kata Anjar.

Editor : Agung Kurniawan

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X