Akhir Pekan, Waktunya Bersih-Bersih Plafon Mobil

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 26 November 2016 | 08:52 WIB

Jakarta, Otomania – Salah satu bagian kabin mobil yang jarang mendapat perhatian adalah bagian atap kendaraan atau plafon. Bagian ini memang nyaris tak tersentuh namun bukan berarti pemilik kendaraan tidak memperhatikan kondisi kebersihannya.

“Perawatan atap kendaraan cukup mudah. Hanya memerlukan beberapa alat saja dan bisa dilakukan dirumah,” ucap Gunawan dari D’Jakarta Jok saat ditemui Otomania belum lama ini.

Pertama-tama bila plafon berdebu, cukup dibersihkan menggunakan kain microfiber atau sikat halus tanpa menggunakan air. Penggunaan air pada lapisan berdebu dapat menyebabkan debu menempel dan membekas di permukaan kain plafon.

Menghilangkan noda kusam punya cara tersendiri. Menurut Gunawan, pemilik kendaraan dapat memanfaatkan wadah penyemprot kaca untuk memudahkan pengerjaan.

“Isi dengan sabun cuci piring, atau sabun lembut ke dalam wadah semprotan tersebut. Jangan diaduk agar tidak berbusa. Ini memudahkan pengerjaan nantinya,” ucap Gunawan.

Langkah selanjutnya semprotkan air sabun tersebut ke bagian plafon yang ingin dibersihkan. Pemilik dapat menggunakan sikat gigi halus untuk mengerjakan noda kusam.

Sikat pada bagian noda dengan perlahan dan searah. Setelah itu keringkan dengan lap bersih untuk membersihkan sisa sabun. Ulangi tahap ini sampai noda kusam hilang.

“Interior yang bisa menambah kenyamanan selama berkendara. Juga bagus untuk kesehatan nantinya,” kata Gunawan.

 

Editor : Agung Kurniawan

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X