Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Pernah Pangku Anak Kecil di Kursi Depan

Aditya Maulana - Jumat, 25 November 2016 | 13:05 WIB

Jakarta, Otomania - Tak sedikit orang tua yang memangku anak kecil, terutama bayi atau balita, di jok mobil bagian penumpang depan. Bahkan, terkadang tidak menggunakan sabuk pengaman, padahal itu cukup penting demi keamanan dan keselamatan.

Namun, meski menggunakan sabuk pengaman, dinilai tetap berbahaya. Sebab, hanya satu orang, sedangkan anak kecil tersebut tidak akan terlindungi ketika terjadi tabrakan.

Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan, lebih bahaya lagi ketika mobil tersebut sudah dilengkapi fitur SRS Airbag (kantung udara). Ketika mobil mengalami benturan keras sampai kantung udara keluar, maka bayi tersebut bisa mengalami luka, bahkan meninggal dunia.

"Karena dia terpental ke depan, sedangkan orang tuanya bisa sedikit tertahan karena pakai sabuk pengaman," kata Anjar di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (24/11/2016).

Anjar menyarankan, anak kecil sebaiknya duduk di jok tengah. Bila terjadi kecelakaan, potensi terjadinya luka atau cedera parah, sedikit lebih kecil ketimbang berada di bangku depan.

"Apalagi kalau di depan, dua-duanya (orang tua dan anak) tidak pakai sabuk pengaman, itu bahaya sekali, karena setelah mobil menabrak penumpang akan terpental ke depan, lalu setelah kantung udara meletup. Anak akan terkena letupan," ujar Anjar.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa