Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Konsekuensi bila Jarang Isi BBM "Full Tank"

Stanly Ravel - Selasa, 22 November 2016 | 13:11 WIB

Jakarta, Otomania - Baik tidaknya kualitas bahan bakar mobil ternyata ikut ditentukan dari kebiasaan pemilik kendaraan. Bagi yang terbiasa mengisi BBM dalam kondisi penuh, jauh lebih baik dibandingkan yang gemar mengisi dalam kondisi tanggung.

Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menjelaskan, mengisi BBM dalam kondisi tanggung atau kurang dari setengah, bisa membuat tangki mobil mengalami kondensasi.

"Kalau suka isi BBM hanya lima liter atau kurang dari setengah meyebabkan ruang kosong di tangki semakin besar. Semakin banyak ruang kosong maka makin besar proses pembentukan air dari udara atau pengembunan yang memungkinan air bercampur dengan bahan bakar," ucap Anjar saat dihubungi Otomania di Jakarta, Senin (21/11/2016).

Menurut Anjar, ruang kosong pada tangki rawan mengalami kelembaban, apalagi bagi kendaraan yang jarang digunakan. Semakin sedikit mengisi bahan bakar, makin besar ruang kosong di tangki yang membuat area kelembaban juga makin besar.


"Proses pengembunan memang ada di tangki, tapi kalau sering dibiarkan konsong (tangki) areanya makin besar. Otomatis potensi kandungan air dari proses kondensasi juga tinggi," ucap Anjar.

Menurutnya, paling tidak saat bahan bakar sudah berada di garis tengah, baiknya di tambahkan. Terutama untuk mobil yang tidak akan digunakan dalam waktu lama.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa