Pentingnya Merawat Filter Udara Skutik di Musim Hujan

Stanly Ravel - Jumat, 18 November 2016 | 14:05 WIB

Jakarta, Otomania - Filter udara pada sepeda motor berfungsi menyaring kotoran pada udara dari luar, yang akan digunakan untuk pembakaran. Karena fungsi dan masalah pemakaiannya, maka filter udara mudah kotor, terlebih di musim hujan.

Karena kondisi tersebut, pemilik motor wajib lebih waspada untuk memantau kondisi filter udara. Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center Rangga Noviar, mengingatkan baiknya pengecekan filter dilakukan tanpa harus mengandalkan servis berkala.

"Seiring penggunaanya filter akan mudah kotor meski tempatnya tertutup sekalipun. Apalagi di musim hujan, otomatis membuat kondisi filter akan cepat diendapi oleh kotoran dari udara," ujar Rangga saat dihubungi Otomania, Senin (14/11/2016).

Saat musim hujan, sangat memungkinkan air untuk masuk ke dalam filter. Efeknya, selain bisa menghalangi sistem suplai udara ke ruang bakar, bahkan bisa ikut terbawa dan bercampur dengan bahan bakar yang membuat performa motor menjadi turun saat digunakan.

"Terutama untuk sepeda motor yang suka melewati genangan air, harap sering dicek kondisi filternya, karena sangat memungkinkan air masuk ke dalam filter. Minimal tiga sampai satu bulan sekali agar bisa memastikan filter benar-benar dalam kondisi steril," ujar Rangga.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa