Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Panik Lihat Indikator Mobil Ini Menyala

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 15 November 2016 | 12:35 WIB

Jakarta, Otomania – Para pengguna mobil bermesin diesel akrab dengan kondisi filter bahan bakar yang butuh perhatian. Filter bahan bakar tersebut kerap kotor, karena pengaruh kualitas bahan bakar yang digunakan atau sebab lainnya.

Bagi pengguna mobil diesel pertama kali, terutama produk dari Toyota, kerap dibuat bingung dengan indikator filter solar yang berada di panel instrumen. Ini wajar karena indikator ini tidak diberikan pada kendaraan dengan mesin bensin sehingga jarang dilihat.

Menurut Dadi Hendriadi, GM Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) pengguna diesel dimudahkan dengan kehadiran indikator tersebut, untuk melakukan pengecekan berkala pada filter bahan bakar. Sayangnya jarang yang mencari tahu arti indikator ini dan bagaimana langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

“Bagi pengguna diesel baru ada yang tidak tahu arti indikator ini. Padahal untuk model Innova misalnya, peringatan indikator filter bahan bakar ada di sun shade bagian pengemudi,” ucap Dadi saat dihubungi Otomania, Senin (14/11/2016).

Indikator filter bahan bakar ini memiliki dua mode peringatan. Bila indikator berkedip artinya pada filter bahan bakar terdapat endapan air yang harus segera di buang. Ini bisa dilakukan sendiri tanpa perlu ke bengkel.

“Beda lagi bila indikator menyala terus. Ini artinya pemilik kendaraan harus memberi perhatian pada filter karena filter sudah kotor. Biasanya memerlukan penggantian filter baru,” ucap Dadi.

Filter bahan bakar untuk mesin diesel di banderol sekitar Rp 285.000. Penggantian filter bahan bakar ini bisa dilakukan pada jarak 18.000 km hingga 20.000 km.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa