Bagaimana Perawatan Rem ABS di Motor?

Stanly Ravel - Selasa, 15 November 2016 | 10:05 WIB

Jakarta, Otomania - Sebagian sepeda motor baru saat ini sudah dilengkapi fitur anti-lock breaking system (ABS). Selain berguna mencegah rem mengunci pada saat digunakan, perangkat ini juga membuat jarak pengereman lebih presisi.

Lalu hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk menjaga ABS tetap bekerja maksimal. Menjawab hal ini, Two Wheeler and Powersport Bosch Indonesia Reynold Rumambi, menjelaskan bahwa tidak ada perawatan khusus yang harus dilakukan pemilik motor.

"Merawatnya hanya mengikuti servis rutin dari pabrikan saja, tidak ada perlakuan khusus. Paling hanya menjaga kondisi piringan cakram agar tetap bersih. Untuk umur pakai ABS tidak spesifik," ucap Reynold di Jakarta awal November lalu.

Menurut Reynold, ABS merupakan komponen yang memiliki usia pakai lama (long part). Tapi agar fungsinya maksimal pemilik kendaraan wajib untuk mempertahankan sektor roda dalam kondisi standar.

"Intinya hindari memodifikasi sektor roda, jangan mengubah dimater pelek, roda, dan disc brake dari standarnya. ABS itu sudah ada perhitunganya saat dipasang dari pabrikan, kalau diganti otomatis perhitungan tersebut bisa bergeser," ucap Reynold.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa