Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bagaimana Perawatan Rem ABS di Motor?

Stanly Ravel - Selasa, 15 November 2016 | 10:05 WIB

Jakarta, Otomania - Sebagian sepeda motor baru saat ini sudah dilengkapi fitur anti-lock breaking system (ABS). Selain berguna mencegah rem mengunci pada saat digunakan, perangkat ini juga membuat jarak pengereman lebih presisi.

Lalu hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk menjaga ABS tetap bekerja maksimal. Menjawab hal ini, Two Wheeler and Powersport Bosch Indonesia Reynold Rumambi, menjelaskan bahwa tidak ada perawatan khusus yang harus dilakukan pemilik motor.

"Merawatnya hanya mengikuti servis rutin dari pabrikan saja, tidak ada perlakuan khusus. Paling hanya menjaga kondisi piringan cakram agar tetap bersih. Untuk umur pakai ABS tidak spesifik," ucap Reynold di Jakarta awal November lalu.

Menurut Reynold, ABS merupakan komponen yang memiliki usia pakai lama (long part). Tapi agar fungsinya maksimal pemilik kendaraan wajib untuk mempertahankan sektor roda dalam kondisi standar.

"Intinya hindari memodifikasi sektor roda, jangan mengubah dimater pelek, roda, dan disc brake dari standarnya. ABS itu sudah ada perhitunganya saat dipasang dari pabrikan, kalau diganti otomatis perhitungan tersebut bisa bergeser," ucap Reynold.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa