Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

ABS Harus Jadi Fitur Standar Sepeda Motor di Indonesia

Stanly Ravel - Jumat, 4 November 2016 | 10:05 WIB

Jakarta, Otomania - Penggunaan anti-lock braking system (ABS) pada sepeda motor sudah menjadi standar di negara Uni Eropa, bahkan akan disusul oleh Taiwan, Jepang, dan India. Dengan teknologi ABS dipercaya mampu menekan fatalitas kecelakaan yang melibatkan pengguna motor.

Lalu kapan industri di Indonesia akan menerapkan ABS sebagai perangkat standar di sepeda motor?

Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata, mengatakan bahwa saat ini asosiasinya sedang mendiskusikan keberbagai pihak, termasuk salah satunya Bosch yang meyediakan teknologi ABS untuk motor.

"AISI dengan Bosch sudah lama berdiskusi mengenai kemungkinan aplikasinya. Saya pikir sampai kesana (penerapan ABS) tidak ada masalah, kita akan berhubungan dengan instansi terkait dan membahas rencana ini secepatnya," ucap Gunadi dalam seremoni pengenalan seri baru ABS Bosch di Senayan, Kamis (3/11/2016).

Menurutnya, standarisasi ABS pada sepeda motor cukup mendapat perhatian yang serius, hal ini dikarenakan masalah road safety yang juga jadi fokus utama. Selain itu, hal ini tidak terlepas dari status AISI yang tergabung dalam Federation of Asia Motorcycle Industries (FAMI), yang terus menerus menekankan penggunaan ABS pada setiap negara yang menjadi anggotanya.

"Pokoknya satu atau dua tahun ini harus ada realisasinya, kita lihat nanti perkembangannya bagaimana. Saat ini Bosch juga sudah punya generasi ABS yang bisa digunakan motor ber-cc kecil, kami (AISI) akan terus berupaya memastikan hal ini bisa diterapkan pada sepeda motor baru kedepannya," kata Gunadi.


Sedangkan ketika ditanya apakah akan ada kenaikan harga saat ABS sudah menjadi fitur wajib di motor, ia menjelaskan untuk masalah tersebut tergantung dari industri dan ATPM-nya.

"Tidak bisa dibahas saat ini bila masalah harga, tapi memang biasanya saat ada teknologi atau pengembangan fitur baru harga akan berubah," ucap ketua AISI.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa