Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hindari Celaka, Rawat Sistem ABS di Sepeda Motor

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 2 November 2016 | 09:25 WIB

Jakarta, Otomania – Fitur keselamatan pada sepeda motor modern salah satunya adalah anti-lock braking system (ABS). Secara cermat, ABS akan mengurangi tekanan berlebih dengan membaca sensor yang terdapat di area cakram roda, sesuai kebutuhan untuk mengurangi laju motor. Intinya tidak akan ada lagi peristiwa rem terkunci.

Fitur ini jadi keunggulan satu produk yang ditawarkan di Tanah Air. Sayangnya, banyak yang belum memahami perawatan fitur ini.

“ABS sebenarnya jarang rusak. Namun untuk perawatan paling utama adalah bagian sensor ABS yang terdapat di cakram. Sensor ini tidak boleh kotor atau tertutup lumpur,” ucap Mahfud Bahar, kepala bengkel Kawasaki Pondok Bambu saat dihubungi Otomania beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu ketika motor dalam keadaan kotor, biker wajib membersihkan bagian cakram untuk menjaga fitur ABS bekerja dengan baik. Perawatan lain adalah melakukan penggantian minyak rem pada jarak 20.000 km.

Perawatan lainnya adalah perhatian pada kampas rem. Bila kampas sudah habis terkikis dan tidak segera diganti, sensor ABS bisa bermasalah.

“Urutannya, masalah ke cakram dulu lalu sil piston kaliper akan melar karena gesekan cakram dan piston. Lalu ada minyak rem yang hangus karena panas tersebut dan mempengaruhi sil piston kembali. Ini bisa mengenai sensor ABS dan merusak fitur pengereman ini,” ucap Mahfud.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa