Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Belajar Naik Motor yang Aman

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 1 November 2016 | 19:45 WIB

Jakarta, Otomania  – Astra Motor Yogyakarta (AMY) pada hari Sabtu (29/10)  mengadakan pelatihan keselamatan berkendara di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta. Kali ini AMY mengajak komunitas Itasha region Yogya.

Komunitas Itasha sendiri merupakan sebuah komunitas pecinta kebudayaan Jepang yang kecintaannya dituangkan dalam bentuk pengaplikasian decals (sticker) pada sepeda motor.

“Sebagai pehobi yang dekat dengan dunia otomotif, sudah menjadi tanggung jawab kami untuk membekali setiap anggota dengan pemahaman dan skill safety riding. Selain untuk mengurangi resiko kecelakaan, pelatihan ini dapat meningkatkan ketrampilan berkendara kami,” ucap Anggara, salah satu pendiri Itasha dalam keterangan resmi, Selasa (1/11/2016).

Dalam pelatihan  yang diikuti lebih dari 20 anggota Itasha region Jogja materi dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi teori dan praktek. Dalam sesi teori peserta diajak untuk mengenal sikap, perilaku, persiapan berkendara, resiko di jalan raya, kondisi dan titik-titik rawan dalam lalu lintas, dan teori ketrampilan berkendara.

Sedangkan untuk sesi praktek dibagi menjadi empat materi yang meliputi brakingnarrow plankbumpy roads, dan slalom course.

Guna melatih ketrampilan peserta dalam menghadapi kondisi jalan yang rusak, peserta diajak untuk melewati bumpy roads sebagai simulasinya. Materi terakhir adalah slalom course.

Dalam materi ini peserta diajak untuk mengasah ketrampilannya dalam mengendalikan sepeda motor melewati bermacam jenis tikungan. Seperti tikungan dengan sudut sempit yang harus dilalui dengan perlahan, atau tikungan dengan sudut yang lebar dan dapat dilibas dengan cepat.

“Pelatihan safety riding ini untuk memperluas kesadaran perilaku aman berkendara di jalan raya. Harapannya kesadaran akan tanggung jawab menjaga keselamatan berkendara di jalan semakin merata, tak hanya dimiliki oleh pengendara motor Honda namun juga pengendara motor pada umumnya,” ucap Muhammad Ali Iqbal, Safety Riding Supervisor AMY.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa