Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Plus Minus Cat Mobil Pinggir Jalan

Stanly Ravel - Sabtu, 29 Oktober 2016 | 08:35 WIB

Jakarta, Otomania - Sebagian orang memilih melakukan perbaikan bodi dan cat menggunakan jasa kaki lima yang akrab disapa cat duco. Umumnya dipilih karena harga yang relatif lebih murah dibandingkan cat oven seperti di bengkel resmi.

Lalu bagaimana dengan kualitasnya? Dolf Valentino selaku Kepala Bengkel Astra Internasional Daihatsu Pangeran Jayakarta Body and Repair, menjelaskan bahwa hal tersebut tidak bisa dinilai secara subjektif, karena tetap ada sisi plus minus dari orang yang menggunakan jasa tersebut.

"Kalau dilihat dari proses pengerjaan tentu jauh dari standar. Tapi mungkin kebanyakan orang menggunakan jasa tersebut karena keadaan, artinya kurang dana atau akibat mobil sudah tidak diasuransi," ucap Dolf kepada Otomania, Jumat (28/10/2016).

Menurutnya, proses pengecetan yang baik wajib dilakukan dalam ruang tertutup, bebas dari debu atau angin layaknya ruang oven. Bila sampai lapisan cat atau bodi terkena imbas debu dan angin, hasilnya tentu tidak akan maksimal.

"Biasanya ada yang terang diawal, tapi setelah dicuci beberapa kali warnanya langsung kusam. Bukan hanya itu, efek mereka melakukan pengecetan di ruang terbuka juga berdampak pada lingkungan sekitar, bau dan gasnya tidak bagus bila sampai terhirup tubuh," ujar Dolf.


Muhammad Harris selaku spesialis serta pemilik workshop Briliant Body Repair juga mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya proses cat yang baik dan benar harus melewati rangkaian pengerjaan.

"Bila porses cat tidak baik bisa bikin warna jadi belang. Artinya warna panel satu dengan lain bisa berbeda, ada yang gelap ada yang terang. Proses pengeringan di tempat terbuka juga rawan tertempel debu halus, bahaya bila sampai nempel di cat yang masih basah," kata Harris di waktu yang sama.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa