Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berapa Umur Pakai "Fan Belt" di Mobil?

Stanly Ravel - Jumat, 28 Oktober 2016 | 10:51 WIB

Jakarta, Otomania - Selain sepeda motor skutik, mobil juga memiliki sabuk kipas yang akrab disapa fan belt. Bila pada skutik digunakan untuk sistem gerak, di mobil belt diletakan pada pulley yang berguna untuk menyalurkan tenaga dari mesin untuk mengerakan kompressor.

Lalu, berapa usia ideal pemakaian fan belt ? menjawab hal ini, Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, menjelaskan bahwa untuk fan belt mobil tidak ada ketentuan waktu dan jarak tempuh penggunaanya.

"Kalau bicara soal kapan diganti, atau berapa lama sekali, sebenarnya tidak ada ketentuan fix-nya. Bila memang tidak ada kerusakan bisa dipakai seterusnya, beda bila memang ada masalah, seperti karet yang getas atau rusak," kata Anjar saat dihubungi Otomania, Jumat (28/10/2016).


Menurutnya, umur penggunaan fan belt ditentukan dari beberapa faktor. Mulai dari kondisi kebersihan, sampai masalah temperatur suhu karetnya. Untuk Daihatsu sendiri, pemeriksaan biasa dilakukan setiap 10.000 km sekali.

"Standar di kita itu 10.000 km pasti diperiksa kondisinya, bila kotor tinggal dibersihkan saja. Tapi beda kasus bila konsumen mengeluh belt sudah berisik misalnya, untuk masalah itu kita akan cek seluruh komponen lain untuk mengetahui dari mana asal bunyinya," ujar Anjar.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa