Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perhatikan Ini Agar V-Belt Tak Cepat Rusak

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 18 Juni 2015 | 14:08 WIB

Jakarta, Otomania - Continuos Variable Transmission atau yang dikenal dengan CVT jadi hal penting untuk sepeda motor matik. Komponen vital itu wajib diberi perhatian khusus dengan perawatan serius agar tidak mudah rusak.

Yanu Suprapto, Kepala Mekanik AHASS Sumber Jaya Motor Pulogebang mengatakan, perawatan transmisi CVT bisa dengan membersihkan bagian ini setiap enam bulan sekali. Tujannya agar debu tidak terlalu banyak menumpuk di dalam transmisi yang menyebabkan usia V-belt tidak panjang.

"Umumnya karet yang mengalami gesekan menghasilkan debu karet, jika mengumpul dan menempel pada v-belt yang suhunya cukup panas, akan membuat v-belt cepat retak sehingga usianya jadi pendek," ujar Yanu, Selasa (16/6/2015).

Selain itu, lanjut Yanu, hal lain yang disebabkan oleh debu-debu kikisan tersebut, tarikan sepeda motor menjadi berat, dan beberapa komponen bisa macet seperti salah satunya kick starter.

Yanu menambahkan, selain membersihkan dari debu, perawatan lainnya yaitu dengan mengganti oli gardan tiga bulan sekali, agar gigi rasionnya tidak cepat aus. Harga oli gardan sendiri hanya Rp 12.000 dan untuk biaya membersihkan CVT Rp 35.000.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa